Hoax yang Sebenarnya Adalah Buku "Satu Jam Mahir..."

Oktober 05, 2018


Sumber gambar : Dokumen pribadi

Pernah melihat ada buku yang berjudul 1 jam mahir...., 1 jam jago... ? Banyak bukan. Klo hanya dengan membaca buku seperti itu bisa membuat kita pandai hanya dalam waktu satu jam, satu hari, atau satu bulan. Lalu untuk apa saya sekolah tinggi-tinggi ?

Tidak ada yang benar-benar instan di dunia ini, bahkan mie instan yang jelas-jelas mengklaim dirinya instan, harus direbus dulu selama kurang lebih 3 menit, baru kemudian bisa dinikmati. Begitu pula dengan pendidikan. Tidak ada istilah pendidikan instan. Banyak orang yang ingin mendapatkan ilmu dengan cepat tapi dengan cara yang murah dan tidak membuang waktu. Dari keadaan inilah, kemungkinan muncul pemikiran untuk membuat media pembelajaran yang  dirasa bisa membuat orang pandai hanya dengan sekali baca saja. Menurut Oemar Hamalik, media pembelajaran adalah Alat, metode, dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan
interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah (Hamalik, 1989: 12). Buku adalah salah satu bentuk media pembelajaran. Buku digunakan untuk memberikan informasi berupa materi pembelajaran dalam bentuk teks yang kemudian bisa dibaca oleh orang untuk mendapatkan ilmu.

Bisa dibilang penggunaan buku dalam pembelajaran sangat efektif. Dengan buku orang bisa mempelajari hampir segala hal, tergantung jenis dan judul buku yang sesuai.  Pernah sekali melihat buku berjudul Satu Jam Jago Bahasa Korea. Dalam waktu satu jam, lewat sebuah buku, kita bisa mempelajari bahasa Korea yang rumit? Wow, sungguh mencengangkan. Buku seperti ini sebenarnya hanya memberikan informasi dasar saja, dengan iming-iming satu jam saja kita bisa menjadi ahli. Tentu saja, jika hanya dengan informasi dasar, kita tidak bisa dibilang jago atau mahir, dan mungkin hanya disebut “bisa”. Orang yang mahir adalah orang yang menguasai secara penuh. Sedangkan orang yang bisa adalah orang yang menguasai dasar, dan bisa “mempraktekan” sesuatu dengan pengetahuan dasar tersebut. Dengan kata lain, orang yang hanya menguasai dasar materi, tidak bisa disebut sebagai orang yang jago atau mahir.

Kemudian terdapat pula sebuah judul buku yang cukup menrik Satu Jam Mahir Photoshop. Photoshop adalah perangkat lunak editor dan creator grafis berbasis bitmap keluaran Adobe Inc. Dan bisa dibilang cukup rumit mempelajari perangkat lunak ini hanya dalam waktu satu jam. Photoshop adalah perangkat lunak kreatif, butuh kreativitas dalam menggunaknannya. Buku Satu Jam Mahir Photoshop, hanya memberikan “tutorial” how to atau bagaimana cara membuat. Bukan memberikan informasi yang berkaitan dengan fungsi atau penggunaan perangkat lunaknya secara mendalam. Mungkin saja hadirnya buku seperti ini, yang membuat usaha kreatif desain dianggap sebelah mata, karena hanya dianggap pekerjaan mudah dan remeh. Bahkan dengan satu jam saja bisa “mahir”.



Nb : Tulisan ini dibuat setelah penulis melihat sebuah post dari akun instagram @dkvdaily yang di post sekitar pukul 18.00 Jumat Tanggal 5 Oktober 2018





Sumber :
Oemar Hamalik, 1989, Media Pendidikan (Bandung : Citra Aditya)

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images